Rabu, 28 Maret 2018

Mengenal Instrumentasi Elektronika

Dalam bidang industri, pengetahuan dasar instrumentasi terlampau penting khususnya untuk proses pengukuran dan pengendalian / kontrol. Di di dalam suatu industri kimia, misalnya, bermacam macam reaksi kimia mesti diukur dan dikendalikan baik suhu, volume campuran bahan, tekanan, derajat keasaman, dan lain-lainnya. Sementara terhadap industri baja dan logam, suhu yang tinggi mesti diukur secara pas bersama memakai alat pengukur elektronik untuk mampu mengendalikan pengepresan logam terhadap ketebalan yang diinginkan. 

Pada umumnya, peralatan pengukuran atau alat pengukur secara elektronik ini merupakan anggota dasar instrumentasi yang dipakai terhadap hampir semua bidang industri. Bidang instrumentasi ini, tidak hanya diaplikasikan untuk industri kimia dan industri baja semata, namun dibutuhkan termasuk untuk pabrik mobil, pabrik gula, pabrik kertas, pabrik pemrosesan makanan, untuk instrumentasi kedokteran, dan untuk pabrik pembuatan alat-alat elektronik itu sendiri (seperti pabrik pembuatan telephone genggam, pabrik pembuatan chip/ sirkuit terpadu, pabrik pembuatan komputer, dsb). Bentuk variable fisis (fisika) dan kimia yang dipakai untuk dasar kendali di dalam bidang instrumentasi ini meliputi:
  1. Suhu / temperatur
  2. Tekanan
  3. Kecepatan aliran
  4. Ketinggian cairan / level
  5. Konduktifitas
  6. Kepadatan benda dan kekentalan (viskositas)

Dasar dasar Kalibrasi di Instrument elektronika
Untuk mengontrol suatu proses, dibutuhkan informasi tentang kuantitas dan mutu tanda-tanda fisik proses itu. Instrumen-instrumen ukur dipakai untuk meraih informasi ini. Kontrol yang lebih ketat membutuhkan pengukuran yang lebih akurat. Beberapa arti yang umum dipakai di dalam system pengukuran adalah proves variable, range, zero, span, error, linearitas, akurasi. Sekarang akan kami bahas masing masing dari arti diatas.

Mengenal Instrumen Elektronika
Mengenal Instrumen Elektronika

Proses Variabel
  • Proses variabel adalah besaran phisik atau besaran kimia sebab bermacam efek proses. Tekanan, temperature, flow dan level adalah variabel phisik; tetapi kadar oksigen dan nilai pH adalah variabel-variabel kimia.

Range
  • Range adalah mengambarkan batasan sinyal yang terjalin bersama instrumen input ataupun instrumen output. Batasan sinyal terendah dari suatu sinyal input adalah kuantitas instrumen terendah yang diukur, sedang batasan maksimumnya adalah nilai tertinggi. Sebagai contoh, suatu proses membawa batas atau range tekanan dari 100 kPa hingga 500 kPa. Maka alat instrumenasi proses ini tidak mampu digunakan untuk mengukur nilai dibawah 100 kPa atau diatas 500 kPa.

Zero
  • Nilai terendah suatu sinyal input atau sinyal output disebut zero, meskipun nilainya tidak nol. Sebagi contoh, range input transmiter tekanan bisa saja 0 – 1000 kPa sedang range outputnya 20 hingga 100 kPa. Dari sini, nilai zero sinyal output dideskripsikan bersama 20 kPa. Transmiter temperatur mampu mengukur temperatur anatara 50oC dan 120 oC, sedang nilai outputnya bervariasi dari 20 hingga 100 kPa. Dalam perihal ini, nilai zero terhadap range input dan output masing-masing adalah 50 oC dan 20 kPa.

Span
  • Span input dan output dari suatu instrumen terjalin segera bersama range input ataupun range outputnya. Span adalah selisih aljabar pada nilai range teratas bersama nilai range terendah.

Error
  • Error adalah selisih pada nilai yang diukur bersama nilai yang sebenarnya. Sebagai contoh, jika pressure gage menyatakan 216 kPa kala tekananya nyatanya 220 kPa,maka errornya adalah – 4kPa.

Linieritas
  • Linieritas menggambarkan kedekatan interaksi pada input bersama output dari suatu instrument yang dideskripsikan layaknya sebuah garis lurus ; perihal tersebut adalah, sebuah gris lusrus dari 0% input dan 0% output hingga 100% input dan 100% output. Jika interaksi ini menyimpang maka timbul ketidak linieran. Ketidak linieran output umumnya dinyatakan di dalam kadar skala penuh atau full scale output.

Akurasi
  • Akurasi dari sebuah instrumen mampu didefinisikan sebagai kedekatan pada pengukuran atau output yang menggambarkan nilai nyata. Akurasi umumnya dinyatakan bersama kadar span. 


EmoticonEmoticon