Kamis, 26 April 2018

Aplikasi RFID Pada Sistem Keamanan

Untuk pemanfaatan RFID untuk aplikasi sistem keamanan, terdapat beberapa macam arsitektur yang dapat digunakan.

Aplikasi RFID Pada Sistem Keamanan

Sistem Fixed Code
Sistem ini merupakan sistem paling simpel yang paling sering digunakan. Kode senantiasa yang tersimpan di tag RFID dibaca dan dibandingkan bersama dengan kode yang tersimpan database. Untuk keperluan ini dapat digunakan tag RFID yang hanya dapat ditulis satu kali saja dan belum diprogram sama sekali. User dapat memprogram sendiri tag tersebut. Kelemahannya adalah user dapat menyebabkan copy dari tag RFID yang tidak dapat dibedakan oleh sistem keamanan. Tersedia pula tag RFID yang hanya dapat dibaca, dan udah diprogram pada sistem produksi bersama dengan nomer identifikasi yang unik. Sistem ini tidak memungkinkan pembuatan copy dari tag RFID. Sistem yang simpel ini tingkat keamanannya paling rendah.

Sistem Rolling Code
Beroperasi bersama dengan cara sama bersama dengan sistem Fixed Code, bakal namun kode rahasia pada tag RFID hanya berlaku pada periode saat tertentu. Pembaca RFID pada sistem ini perlu membawa kebolehan untuk menulis tag RFID. Tag RFID yang digunakan perlu dapat diprogram berkali-kali. Jadinya tiap-tiap terjadi sistem identifikasi maka sistem keamanan bakal membuat perubahan kode rahasia yang tersedia pada tag RFID, dan bakal menggunakan kode rahasia berikut untuk sistem identifikasi selanjutnya.

Sistem ini beri tambahan tingkat keamanan yang lebih baik, namun yang perlu dipertimbangkan adalah sistem sinkronikasi kode rahasia.

Sistem Proteksi Dengan Password
Sistem autentifikasi mutual yang simpel dapat disediakan oleh sistem RFID bersama dengan proteksi password. Data rahasia pada tag RFID hanya bakal ditransmisikan setelah Pembaca RFID mengirimkan knowledge berupa password yang sesuai untuk dapat menyatakan keabsahan pembaca RFID. Panjang dari password dapat bervariasi sesuai bersama dengan kebutuhan tingkat keamanan.

Password kebanyakan ditransmisikan dalam plain text. Waktu untuk menduga password bervariasi antar beberapa menit sampai beberapa tahun bergantung dari panjang dari password.

Untuk sistem keamanan bersama dengan banyak pengguna bersama dengan password berbeda, mempunyai keterbatasan yakni yakni total saat komunikasi yang amat lama, sebab pembaca RFID perlu menduga password dari database yang tersedia.

Sistem Kombinasi Rolling Code dan Password
Merupakan sistem kombinasi bersama dengan fasilitas kode rahasia berubah-ubah dan password untuk melindungi kode rahasia yang tersimpan dalam tag RFID. Isu yang kronis dari sistem ini adalah saat komunikasi dan sinkronisasi password. Dengan sistem ini bakal beri tambahan tingkat keamanan yang tinggi. 


EmoticonEmoticon