Senin, 21 Mei 2018

Pengertian dan Fungsi ELCO (Electrolit Condensator)

Elco merupakan komponen elektronika yang hampir selalu ada di setiap rangkaian kenapa? karena fungsi elco di gunakan untuk mengetahui nilai kapasitas suatu elco di dalam satuan uf (mikro farad). Fungsi elco sering di sebut sebagai kapasitor polar. Elco merupakan jenis kapasitor yang bertipe polar, Apa itu kapasitor polar? Pengertian nya yaitu suatu kapasitor yang memiliki dua kutub yang berlainan pada setiap kakinya jadi pada pemasangan komponen ini tidak bisa terbalik.


Fungsi ELCO (Electrolit Condensator)
Kapasitor elektrolit yang biasa di sebut ELCO memiliki fungsi sebagai penyimpan arus listrik searah DC tapi tidak dengan jumlah besar arus yang di simpan ini hanya untuk menstabilkan arus listrik ke beban agar tidak naik turun.

Elco memiliki 2 kaki yakni positif (+) dan negative (-) karena fungsinya yang cukup berguna bagi rangkaian maka elco sering di gunakan pada setiap skema elektronik mulai dari yang dasar misal rangkaian amplifier rangkaian inverter rangkaian power supply dan masih banyak lagi. pada ELCO (Electrolit Condensator) masih di bagi menjadi 2 jenis yakni kapasitor polar dan bipolar.

Pengertian ELCO (Electrolit Condensator)
Sebelum kita masuk ke pengertian ELCO kita bahas sedikit pengertian kapasitor agar kalian paham betul tentang ELCO. Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang digunakan di hampir semua rangkaian elektronika baik yang sederhana sampai dengan yang rumit. sedang elco merupakan pecahan atau jenis dari kapasitor, ELCO (Electrolit Condensator) adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub pada kaki-kakinya. Kapasitor ini juga biasa disebut dengan kapasitor polar.

Sudah lumayan mengetahui bukan tentang fungsi elco dan pengertiannya terkecuali kurang mengetahui bisa tinggalkan komentar di bawah agar membantu yang lain juga. lumayan sekian artikel ini aku membuat terima kasih 

1 komentar so far


EmoticonEmoticon